LOKASI Buat stempel kilat 13 menit jadi
Iklan Melayang

Home. Incoming search terms: / Tips Hunting Foto disaat Mudik

Tips Hunting Foto disaat Mudik

Lebaran dikampung kurang terasa berkesan apabila tidak ada pengabadian moment lebaran itu sendiri
Ribuan bahkan jutaan orang rela menempuh jarak jauh hanya untuk kembali kekampung halaman .
Nah berikut ini kita berbagi Tips mengenai pengambilan gambar dimoment tersebut, semoga membantu



Tips :
1. Gunakan RAW format
Saat memotret (terutama untuk DSLR), usahakan format yang dipakai adalah RAW format. Dengan ini, kita bisa bebas manipulasi foto tanpa foto dipadatkan sendiri seperti memakai format JPEG. Bear in mind, kaloRAW format ini perlu untuk kamu yang memang mau utak atik foto dan punya storage besar untuk nyimpen foto, lebih-lebih kalo kamu yang punya badget besar.

2. Temukan lokasi baru
Seorang fotografer landscape harus pintar-pintar mencarii lokasi yang baru, yang terkadang luput oleh sebagian besar orang. Misalnya, jika kita berkunjung ke Borobudur, jangan hanya memotret Stupa Borobudur, tapi coba lihat penjual-penjual souvenir aneka warna yang dapat membuat materi foto kamu lebih menarik dan mendorong.

3. Memotretlah di saat yang tepat
Saat yang paling pas untuk memotret landscape adalah pagi dan sore. Istilahnya itu golden hour, yang mana waktu yang oke adalah pukul 6-10 pagi, dan pukul 3-6 sore. Kenapa? Waktu-waktu itu, matahari masih berada dekat cakrawala sehingga bisa memberi side light pada landscape. Apa gunanya? Ini mempermudah fotografer untuk memunculkan dimensi. Waktu siang kita ngapain dong? Gunakan waktu tersebut untuk hunting foto human interest.

4. Disiplin
Banyak fotografer yang membayar mahal sebuah perjalanan hunting foto hanya untuk tidur. Padahal seperti kita tahu, waktu yang paling baik untuk memotret adalah pagi hari. Datanglah lebih awal ke spot pemotretan untuk mempersiapkan alat, nyari angle-angle lain dan juga tidak kehilangan momen seperti sunrise. Oh ya, untuk menentukan spot foto, coba tanya-tanya temen yang sudah pernah ke sana atau bertanya sama penduduk setempat. Persiapan total pastinya membuahkan hasil yang maksimal.

5. Exposures bracketing
Apa maksudnya? Ini berarti, mainkan exposure kamera supaya foto tidak terlalu gelap ataupun terlalu terang untuk memotret landscape diafragma yang dipakai bisa 16 – 22, dan ISO untuk di tempat gelap maksimal 400 biar tidak terlalu banyak noise. Ini sudah era digital, sehingga tidak ada alasan untuk menyerah begitu saja dengan keadaan.Mainkan!

6. Pakai tripod jika dibutuhkan
Untuk memotret landscape, pastinya foto dituntut untuk terlihat tajam dari ujung ke ujung, sehingga harus memakai DOF yang lebar. Makin lebar DOF berarti semakin lama exposure, sehingga butuh tripod untuk long eksposure.

7. The Rule of Third

Ada yang namanya komposisi the rule of third atau aturan sepertiga yang menampilkan persepsi dinamis pada foto landscape. Kalau langitnya baik, kasih porsi yang lebih lebar. Tapi aturan initidak baku juga selama ide foto yang ingin kita tampilkan menarik.

8. Selayang Pandang

Terkadang kita hanya fokus pada obyek utama tanpa mengindahkan sisi-sisi lain. Lihatlah kanan kiri atas depan belakang supaya tidak kehilangan kesempatan mendapatkan foto yang ciamik, siapa tau di belakang kraton sono ada putri kraton yang hot untuk difoto :))

9. Bidikkan kamera sesering mungkin
Tetap memotret meskipun cuaca kurang baik. Kadang scene terbaik bukan didapatkan saat hujan atau setelah hujan, dimana landscape akan terlihat sangat dramatis. Supaya tidak males motret letakkan kamera di tempat yang mudah terjangkau, misalnya menggantungkan di leher.

10. Buat catatan detail
Mengenai apa? Lokasi foto, kondisi cuaca saat itu, bagaimana mengakses lokasi, dan info penting lainnya. Bawa notes kecil dan bolpen untuk mencatat daripada memakai notes di HP karena sayang batrenya akan cepet abis.

11. Anggap semuanya pengalaman
Kenapa? Karena terkadang meskipun kita udah niat banget, hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi. Sunset yang tidak keluar, tempat yang kita tuju tidak dapat dikunjungi karena berbagai alasan, dan lain-lain

12. Fotografer harus bisa semua
Yak, sayang banget kalo foto kita udah canggih, tapi gak bisa memakai software olah foto seperti adobe photoshop dan software2 lainnya, idealnya seorang fotografer itu melakukan semua proses. Dari mengatur komposisi, memotret, sampai mengedit foto. Ingat, tidak ada waktu terlambat untuk belajar lho.. :)

13. Safety First
Research itu penting supaya tahu medan. Kalo ternyata harus treking jauh, jangan lupa olahraga rutin sebelum perjalanan. Tahu lingkungan dan adat juga sangat membantu. Tapi ingat, keselamatan kita adalah segalanya, mending kamera/foto-foto yang kenapa-kenapa daripada kitanya kan?

14. Jaga Keamanan Peralatan
Satu hal yang sangat penting adalah menjaga keamanan perangkat yang anda pergunakan dari benturan, ataupun air serta pencurian. Jangan Sampai teledor akan hal ini. Bisa jadi Kamera kesayangan anda rusak atau bisa hilang. 

Semoga membantu teman-teman yang lagi mudik di kampung halaman sambil hunting landscap dikampung sendiri.
thumbnail
Entry title: Tips Hunting Foto disaat Mudik
Rating: 100%
votes: 99998 ratings. 5 user reviews.
Reviewer: Fadjar Stempel
Item Reviewed: Tips Hunting Foto disaat Mudik

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Posting Komentar





Pesan Stempel Online



Telp : 0271 726014
HP/SMS/WA: 0881 5306 141
BB: d0d4d378

More

Instagram

SUBMIT ALEXA RANK
FREE MP3 DOWNLOAD
Search Now :
VISITOR free counters Free counters
Your url backlink will be creating automatically in this website. fadjarstudios.blogspot.com
POPUP KLIK DIGAMBAR
Indonesian Free Auto Backlink Exchange
Fadjar Studio'S. Diberdayakan oleh Blogger.

Banyak dibaca