Get the Flash Player to hear this stream.

Home. Incoming search terms: / Memilih Lampu Studio (Lighting Flash)

Memilih Lampu Studio (Lighting Flash)






“Fotografer yang sering bekerja di studio biasanya lebih banyak berinvestasi pada peralatan lighting daripada kamera dan lensa. Beberapa fotografer, justru sebaliknya. Hal terberat biasanya Kita harus menyeimbangkan, antara logika dan budget yang kita miliki.”


Sehebat apapun angle yang diambil oleh seorang fotografer, seberapa tajam lensa yang dia miliki dan sebesar apapun pixel yang dimiliki oleh sensor kameranya, Jepretannya hanya akan berhasil jika lightingnya tepat. Tentu saja Lampu studio yang berkualitas sangat berperan dalam proses ini. Fotografer yang sering bekerja di studio biasanya lebih banyak berinvestasi pada peralatan lighting daripada kamera dan lensa. Beberapa fotografer, justru sebaliknya. Hal terberat biasanya Kita harus menyeimbangkan, antara logika dan budget yang kita miliki. Celakanya, kita sering terjebak dengan istilah 'semua lampu sama, bergantung fotografernya', akhirnya kita salah memilih dan cuma bisa kecewa.




Artikel ini coba membantu para fotografer, khususnya yang baru pertama kali ingin membeli lampu studio. Ada beberapa hal yang bisa menjadi acuan untuk memilih lampu studio :

 
1. Kehandalan dan Konsistensi
Tidak peduli seberapa murah lampu yang anda beli. Jika anda membeli lampu yang tidak bisa diandalkan maka sebenarnya anda telah menyusahkan diri sendiri dalam meniti karir menjadi seorang fotografer. Begitu juga dengan ketidak konsistenan, kalau anda tidak mendapatkan output lampu yang konsisten, anda tidak akan mendapatkan hasil foto yang memuaskan. Kehandalan bisa berarti juga seberapa lama umur dari lampu tersebut jika kita pakai. Ada lampu yang bertahan hingga 5 tahun dengan konsistensi output yang sama, tetapi ada juga yang baru beberapa bulan pakai sudah tidak layak pakai. Jadi harus berhati hati, jangan kita terjebak dengan harga yang murah, tapi lihat juga kualitas dan testimoni dari orang orang yang sudah memakainya.

2. Fitur
Fitur ini berkaitan dengan kebutuhan dan kenyamanan anda untuk bekerja sebagai seorang fotografer. beberapa fitur yang sebaiknya anda perhatikan adalah :

- Power Adjustment, beberapa lampu modern biasanya sudah memiliki fitur ini, dengan fitur ini memudahkan anda untuk bekerja di power yang bervariasi.

- Accessories, Aksesoris akan sangat membantu pekerjaan anda dalam memghasilkan output cahaya yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan pemotretan anda. Semakin banyak aksesories yang dimiliki sebuah lampu, artinya semakin besar kesempatan anda untuk berkreatifitas dengan cahaya.

- Flash Duration, adalah Kemampuan flash menangkap objek sehingga berkaitan dengan ketajaman gambar yang dihasilkan. Flash duration ini adalah salah satu unsur yang sangat penting dalam pemilihan lampu, maka dari itu kita harus sangat berhati-hati. Beberapa fotografer mengeluhkan ketidakstabilan flash duration pada lampu lampu yang berkualitas rendah. Hal ini tentu saja mempengaruhi ketajaman 
gambar yang dihasilkan.

- Recycling / Recharging Time, adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh lampu untuk siap kembali digunakan. Semakin cepat semakin baik. terutama jika anda sering memotret objek yang bergerak, seperti fashion photography.

- Controls, kemudahan untuk mengatur lampu mungkin merupakan salah satu hal cukup penting untuk mempercepat pekerjaan anda. Beberapa lampu modern sekarang sudah menggunakan sistem digital sehingga tingkat keakuratannya cukup baik.

3. Tepat Guna
Sesuaikan pembelian lampu dengan kebutuhan fotografi anda dan juga jangan lupa untuk memikirkan juga tujuan jangka panjang anda, sehingga anda bisa menabung untuk membeli lampu dan aksesories dengan kualitas terbaik.

4. Budget
Setelah hal hal diatas telah kita pikirkan maka hal yang cukup penting adalah keuangan. Seringkali ini kendala yang paling utama bagi fotografer yang baru ingin memulai karir di dunia fotografi. Sebisa mungkin jangan menempatkan budget ini diposisi utama dalam menentukan membeli lampu. Karena 
biasanya kita hanya akan mempertimbangkan faktor ekonomis saja, dan menghiraukan faktor teknis tadi. Ujung-ujungnya itu hanya akan mengorbankan kualitas hasil foto anda, karena anda membeli dan 
menggunakan lampu yang tidak berkualitas.

Bahkan tanpa menyebutkan merk tertentu mungkin anda sudah terbayang, lampu seperti apa yang anda inginkan sekarang. Tinggal permasalahannya sekarang seberapa besar konsistensi kita untuk menjadi fotografer yang berkualitas yang mengutamakan kualitas dalam setiap pekerjaannya. Semoga membantu.

Yang terutama sekali adalah: carilah agen yang dapat memberikan SERVICE terbaik! Apakah supplier anda dapat memberikan alat pengganti pada saat pemotretan tengah malam? Bagi seorang profesional hal ini adalah hal yang terpenting, karena pemotretan tidak dapat menunggu alat rusak diperbaiki dulu. Bagaimana technical supportnya?

Ws tidak sama dengan Ws. Untuk flash duration, 1/10.000s tidak sama dengan 1/10.000s! Merk yg satu menggunakan t0.1 dan merk lain memakai t0.5 dalam datanya. Misalnya.
Ketahui perbedaannya dan putuskan secara bijaksana. Anda bertanggung jawab atas pengeluaran anda sendiri!

Seorang kawan yang sedang mempertimbangkan merk tertentu membuat perbandingan dan heran ketika pada satu foto air (water splash) nya tajam dan pada foto yg lain "blurr" padahal diset pada duration yang sama!

Penjual akan selalu mengatakan produknya no.1! :)

Semoga ini dapat membantu anda mengambil keputusan.

ARTIKEL TERKAIT:

1 komentar:

armzones mengatakan...

Wah cukup membantu...izin mampir om...

Poskan Komentar

SUBMIT ALEXA RANK
FREE MP3 DOWNLOAD
Search Now :
VISITOR free counters Free counters
Your url backlink will be creating automatically in this website. fadjarstudios.blogspot.com
POPUP KLIK DIGAMBAR
Indonesian Free Auto Backlink Exchange

www.e-referrer.com
Fadjar Studio'S. Diberdayakan oleh Blogger.